5 Faktor Yang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Rendah Pada Seseorang

5 Faktor Yang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Rendah Pada Seseorang - Tekanan darah rendah adalah suatu gejala kesehatan yang berbahaya dan dapat berakibat fatal pada seseorang. Karenanya, mencegah dan menghindari terjadinya tekanan darah rendah sangat penting kita lakukan. Salah satu caranya yaitu dengan mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya masalah kesehatan ini. Sehubungan dengan hal tersebut, kami telah merangkum informasi mengenai 5 Faktor Yang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Rendah Pada Seseorang, diantaranya sebagai berikut :


Faktor-faktor Penyebab Tekanan Darah Rendah

1. Kehamilan

Selama kehamilan, biasanya sistem peredaran darah pada wanita akan mengalami perkembangan yang cepat, sehingga membuat tekanan darah cenderung turun. Kondisi ini akan terjadi di 24 minggu pertama awal kehamilan. Namun anda tak perlu khawatir, karena tekanan darah rendah akibat faktor kehamilan ini normal terjadi, dan akan kembali normal ketika anda telah melahirkan.

2. Masalah pada jantung

Seperti yang kita ketahui, jantung adalah organ kardiovaskular yang bertugas memompa darah keseluruh tubuh. Karenanya, tekanan darah rendah erat kaitannya dengan masalah kesehatan yang terjadi pada jantung. Masalah pada jantung yang paling sering terjadi, diantaranya gangguan katup jantung, denyut jantung sangat rendah ( bradycardia ), dan serangan hingga gagal jantung.

3. Masalah Endokrin

Masalah endokrin adalah faktor rendahnya tekanan darah yang dipicu oleh tiroid yang terlalu aktif atau biasa disebut dengan Hipertiroidisme. Selain karena tiroid ini, tekanan rendah juga bisa disebabkan oleh faktor rendahnya gula darah ( hipoglikemia ), dan juga penyakit Addison.

4. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh juga masuk dalam daftar penyebab tekanan darah rendah yang paling sering dialami banyak orang. Dehidrasi berdampak pada menurunnya kinerja organ vital dalam tubuh, seperti otak, jantung, dan ginjal. Sehingga bila dibiarkan, dehidrasi ringan mampu menimbulkan efek pusing, mual, kehilangan konsentrasi, halusinasi, bahkan kematian. Memperbanyak konsumsi air putih adalah cara terbaik menghindari dehidrasi penyebab tekanan darah rendah.

5. Kehilangan Banyak Darah

Kehilangan banyak darah akbiat pendarahan internal, maupun kecelakaan hebat dapat menyebabkan kapasitas darah dalam tubuh anda menurun. Hal ini tentu akan berakibat pula pada menurunya tekanan darah pada tubuh seseorang.