5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh - Selain dikenal sebagai bahan baku utama untuk membuat tahu dan tempe, saat ini kedelai juga mulai populer diolah menjadi susu. Tidak kalah dengan susu sapi, susu kedelai juga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang kurang suka atau alergi pada susu Sapi. Selain sehat dan menyegarkan, anda juga akan mendapatkan banyak sekali manfaat ketika mengonsumsi susu kedelai ini, antara lain sebagai berikut :

Beberapa Manfaat Susu Kedelai

1. Sumber Protein

Susu kedelai banyak mengandung protein di dalamnya. Bahkan jumlahnya diperkirakan hampir sama dengan protein yang terkandung dalam susu sapi. Yang berbeda, jenis protein yang terdapat dalam susu kedelai adalah protein nabati, sehingga sangat berguna untuk memperkuat tulang dan mencegahnya dari bahaya Osteoporosis.

2. Baik Bagi Kesehatan Jantung

Kandungan lemak jenuh yang sedikit membuat susu kedelai sangat aman dikonsumsi, terlebih untuk menjaga kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui, lemak jenuh merupakan pemicu utama naiknya kadar kolesterol pada seseorang yang bisa menyebabkan penyakit jantung kronis. Selain baik bagi kesehatan jantung, susu kedelai juga tidak akan menimbulkan kegemukan.

3. Tidak Menyebabkan Alergi

Mengonsumsi susu kedelai dijamin tidak akan menimbulkan alergi karena minuman ini tidak memiliki kandungan gluten, MSG, dan kasein di dalamnya.

4. Tidak Mengandung Laktosa

Susu kedelai juga diketahui tidak mengandung laktosa yang dapat menyebabkan alergi seperti pada susu sapi. Oleh karena itu, bagi orang yang alergi terhadap susu sapi, maka mengonsumsi susu kedelai merupakan satu solusi terbaik yang mungkin bisa anda lakukan.

5. Alternatif Bagi Bayi Yang Mengalami Gangguan Galaktosemia

Pada beberapa bayi, gangguan kesehatan seperti galaktosemia sering terjadi. Galaktosemia merupakan suatu kondisi dimana terdapat kelainan yang berhubungan dengan tingginya kadar glaktosa dalam darah. Biasanya, bayi yang menderita gangguan ini akan susah / tidak toleran jika diberi susu. Padahal, susu merupakan makanan yang teramat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Namun anda tidak perlu khawatir, karena susu kedelai yang mengandung galaktosa rendah ternyata mampu diterima dengan baik oleh bayi yang menderita gangguan Galaktosemia, sehingga susu ini bisa dijadikan alternatif terbaik bagi mereka.
5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh | Edi Samsuri | 5