4 Tips Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

4 Tips Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok - Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang terkenal paling mematikan di seluruh dunia. Kandungan nikotin, serta zat aditif lainnya yang terdapat dalam rokok diketahui memiliki berbagai dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, masih saja banyak orang yang mengabaikan bahaya merokok dan tetap melanjutkan kebiasaan ini. Salah satu penyebab dari hal tersebut karena mereka sudah terlanjur kecanduan rokok. Namun, kebiasaan ini bukan tidak mungkin untuk dapat dihentikan. Karenanya, berikut kami berikan beberapa tips ampuh untuk menghentikan kebiasaan merokok, diantaranya adalah :


1. Motivasi Yang Kuat

Ketika anda ingin berhenti merokok, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memiliki motivasi yang kuat. Terutama motivasi dari diri sendiri dan dukungan keluarga terbukti sangat ampuh dalam membantu seseorang bisa keluar dari kebiasaan merokok. Selain itu, motivasi yang kuat juga sangat penting agar nantinya keinginan merokok tidak akan menghantui anda lagi.

2. Tentukan Target

Saat seorang perokok ingin berhenti dari kebiasaannya, kebanyakan dari mereka akan memilih jalan dengan cara mulai mengurangi jumlah rokok yang ia hisap setiap harinya. Padahal, cara ini tidaklah efektif karena orang tersebut jadi tidak bisa lepas sepenuhnya dari rokok. Sebaiknya, tentukanlah target dan lakukan dengan komitmen penuh untuk membuang semua rokok anda sekarang juga.

3. Bersiaplah Dengan Gejala-Gejala Yang Muncul

Membiasakan diri tanpa rokok memang bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Apalagi anda sudah mengonsumsinya bertahun-tahun. Setelah anda berhasil melakukan langkah pertama dan kedua, biasanya akan muncul hambatan yang ketiga yang merupakan tantangan terberat dalam usaha berhenti dari kebiasaan merokok ini. Hambatan tersebut adalah munculnya gejala-gejala gangguan kesehatan, seperti stress, insomnia, kurang fokus, hingga depresi. Saat ini terjadi pada diri anda, pastikan buang jauh-jauh rokok dari pikiran anda, atau semua tahapan ini akan gagal.

4. Mencoba Pengalih atau Pengganti Nikotin

Ketika pikiran merokok kembali menghantui anda, seperti pada langkah nomor tiga, anda juga bisa mengatasinya dengan mencoba beberapa pengalih sebagai pengganti nikotin. Hal ini dapat anda konsultasikan dengan dokter, agar bisa cepat menemukan solusi terbaik. Namun, ada beberapa mantan perokok yang memilih pekerjaan sebagai pengalih nikotin, atau sebagian juga ada yang menggantinya dengan permen dan makanan sehat lainnya.