4 Tips Yang Akan Membantu Anda Bisa Tidur Nyenyak

4 Tips Yang Akan Membantu Anda Bisa Tidur Nyenyak - Tidur nyenyak kadang tidak bisa dirasakan oleh sebagian orang. Alasanya sangat beragam, mulai dari terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein, hingga menonton film horor sebelum tidur. Keduanya sama-sama dapat memacu adrenalin, sehingga seringkali mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Sayangnya, kebiasan-kebiasaan buruk sebelum tidur, seperti dua hal tadi kurang diperhatikan oleh banyak orang. Padahal kualitas tidur yang buruk tidak hanya membuat kita merasa cepat lelah dan tidak bersemangat esok harinya, tapi juga membuat tubuh lebih rentan terhadap serangan penyakit.


Bila anda merupakan salah satu orang yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur nyenyak, berikut kami punya beberapa tips agar bisa tidur nyenyak yang mungkin bisa membantu mengatasi masalah anda tersebut, antara lain sebagai berikut :

1. Perhatikan Minuman yang Dikonsumsi Saat Sore Hari

Jika anda merasa ngantuk usahakan untuk tidak meminum minuman yang banyak mengandung energi, karena minuman tersebut dapat membuat anda menjadi betah melek atau tidak ngantuk. Jika hal ini terjadi, maka tidur anda akan terganggu dan anda tidak dapat tidur dengan nyenyak.

2. Mengkonsumsi Makanan Pendorong Tidur

Mengkonsumsi makanan berat saat akan tidur memang dapat menyebabkan sedikit ngantuk pada diri anda, namun kita tidak dianjurkan untuk memakan makanan berat saat kita mengantuk, sedangkan kita ingin tidur dengan nyenyak karena dapat mempengaruhi berat badan kita. Tetapi ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi sebelum tidur, maka akan membantu anda untuk tidur nyenyak, diantaranya adalah pasta. Dimana didalam pasta ini berbahan gandum utuh yang bertoppingkan taburan keju parmesan, dada ayam, sayuran segar dan saus tomat.

3. Mandi Setelah Pulang Kerja

Dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan, aktivitas yang dilakukan menjelang tidur terbukti dapat meningkatkan suhu tubuh seseorang, sehingga tidurnya menjadi terganggu. Karenanya, para ahli sangat menyarankan untuk mandi setelah anda melakukan kegiatan seharian, seperti saat pulang bekerja. Namun dengan catatan jika waktu pulang kerja anda itu belum memasuki jam tidur.

4. Meregangkan Badan

Pikiran yang kacau, Otot yang tegang, serta pernapasan yang tidak stabil juga dapat membuat tidur anda menjadi tidak nyenyak. Karenanya diperlukan sedikit peregangan ringan sebelum tidur agar tubuh menjadi rileks dan lebih nyaman untuk beristirahat.