5 Jenis Makanan Sehat Yang Berguna Sebagai Pereda Stress

5 Jenis Makanan Sehat Yang Berguna Sebagai Pereda Stress - Stress merupakan masalah umum yang bisa terjadi pada siapa saja. Tidak ada yang tahu, kapan stress akan menimpa seseorang. Namun, kebanyakan stress di dialami oleh orang yang memasuki usia dewasa. Hal ini bisa dilatar belakangi oleh beberapa faktor, mulai dari masalah hubungan dengan pasangan, pekerjaan, atau kondisi ekonomi yang terjepit. Banyak program yang telah dirancang untuk menangatasi stress, namun untuk mengikutinya anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.


Meski begitu anda tidak perlu khawatir, karena jenis-jenis makanan sehat berikut terkenal ampuh dalam meredakan stress. Apa sajakah itu ? Berikut kami berikan ulasan selengkapanya untuk tips meredakan stress anda :

1. Asparagus

Asparagus mungkin tidak begitu familiar bagi anda, karena sayuran ini memang lebih dikenal sebagai makanan yang menyehatkan di eropa. Asparagus mengandung banyak sekali zat folic acid yang berguna untuk meredakan stress dan mengembalikan mood anda seperti semula. Selain itu, tumbuhan ini juga kaya akan mineral, sehingga bermanfaat dalam memproduksi hormon serotonin ( baca : hormon yang membuat anda merasa lebih tenang dan rileks ).

2. Blueberry

Blueberry merupakan buah-buahan yang tidak hanya memiliki rasa enak dan menyegarkan, akan tetapi juga menyehatkan dan mampu mengurangi stress anda. Blueberry adalah sumber vitamin C yang sangat baik dan berguna sebagai antioksidan alami yang berkhasiat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Serat dari buah ini juga membantu menormalkan kembali tekanan darah dalam tubuh yang meningkat saat anda sedang stress.

3. Kalkun

Meski masih belum banyak dikonsumsi di Indonesia, namun ayam Kalkun dikenal sebagai penghasil asam amino trypyhophan yang berperan aktif dalam melepaskan hormon serotonin. Seperti yang telah dijelaskan di atas, hormon serotonin adalah hormon yang bertugas membuat anda merasa lebih tenang, rileks, dan bahagia.

4. Singkong

Singkong merupakan tanaman umbi-umbian yang menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Meski dulu dikenal sebagai makanannya orang pinggiran / desa, tapi saat ini kepopuleran singkong sudah semakin meluas, terlebih banyak jajanan ringan berbahan singkong yang saat ini dijual di minimarket-minimarket seluruh Indonesia. Terlepas dari itu semua, singkong adalah makanan yang dipercaya mampu meredakan stress anda, sekaligus membuat tubuh anda lebih bertenaga.

5. Daging Sapi

Daging sapi mengandung banyak vitamin B di dalamnya. Vitamin ini juga bertugas dalam membangun mood anda baik kembali, serta berkhasiat meredakan stress yang anda alami. Meski begitu, janganlah berlebihan dalam mengonsumsi daging sapi, karena dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh anda.