6 Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh - Selama ini pepaya dikenal sebagai tumbuhan yang kaya manfaat bagi kesehatan hidup manusia. Tidak hanya buahnya yang manis dan menyegarkan, baik itu akar, batang, dan daun pepaya juga bisa kita manfaatkan sebagai obat herbal alami penyembuh berbagai macam penyakit. Namun pada kesempatan ini, kami akan lebih jauh membahas tentang beragam manfaat dan khasiat yang dimiliki daun pepaya.


Daun pepaya memang mempunyai rasa yang sangat pahit, dan pasti banyak orang yang tidak suka mengonsumsinya. Namun, tahukah anda jika daun ini banyak sekali memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh kita ? Bila belum percaya, berikut kami berikan ulasan selengkapnya tentang Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh.

1. Melancarkan Produksi ASI ( Air Susu Ibu )

Daun pepaya cukup berguna bagi ibu yang sedang menyusui, terutama untuk membantu melancarkan ASI. Caranya, ambil beberapa lembar daun pepaya muda, lalu remas dan letakan diatas api / panci hangat hingga layu. Setelah itu, gunakanlah remasan daun pepaya tadi sebagai masker untuk ditempelkan pada area sekitar payudara ( kecuali puting ). Lakukan cara ini secara rutin, maka produksi ASI anda akan lebih lancar.

2. Mengobati Jerawat

Khasiat selanjutnya dari daun pepaya adalah mampu mengusir jerawat dari wajah anda. Meski rasanya pahit, tapi daun pepaya sangat kaya akan khasiat terutama untuk menghaluskan kulit yang terkena jerawat. Daun pepaya dapat juga digunakan sebagai masker untuk wajah, yaitu dengan cara memilih daun yang sudah tua terus dijemur dan dihaluskan. Tidak hanya daunnya, getahnya juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat jika dioleskan pada bagian jerawat secara rutin setiap harinya.

3. Melancarkan Proses Pencernaan Kita

Kandungan zat senyawa Karpain yang ada pada daun pepaya berguna untuk memusnahkan atau membunuh mikroorganisme yang dapat mengganggu fungsi pencernaan kita. Dengan rutin mengkonsumsi daun pepaya, maka proses pencernaan dalam tubuh kita menjadi lancar.

4. Mengobati Demam Derdarah

Selain berfungsi untuk menghilangkan jerawat pada wajah, ternyata daun pepaya juga bermanfaat untuk mengobati demam berdarah, yaitu dengan cara merebus daun pepaya muda kemudian dberi sedikit garam dan 2 sendok makan madu. Jika rutin meminum 3 kali sehari, InsyaAlloh penyakit demam berdarah anda berangsur-angsur sembuh.

5. Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Haid

Dengan cara merebus daun pepaya yang masih muda kemudian ditambah madu, maka sangat efektif bagi perempuan yang akan mengalami haid / menstruasi apalagi bagi pemula, yang berkhasiat untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid datang.

6. Pembasmi Kanker

Walaupun masih banyak keraguan di beberapa pihak, namun daun pepaya diketahui berkhasiat mampu membunuh sel kanker pada tubuh kita. Hal ini karena daun pepaya mengandung zat Milky latex (getah putih seperti susu) yang mampu mengobati kanker. Ada baiknya jika mulai sekarang kita mulai menambahkan daun pepaya sebagai menuh sehari-hari kita. Selamat mencoba